Home » , » Out Learning Taman Safari Indonesia

Out Learning Taman Safari Indonesia

TK BIM, Jakarta - Kegiatan karya wisata ini merupakan salah satu agenda dalam memenuhi program akhir tahun pelajaran 2014/2015. Dimana TK Bina Insan Mandiri mengadakan kegiatan karya wisata dengan mengambil tempat wisata di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor. Sebenarnya ada 2 opsi tempat wisata yang ditawarkan pihak sekolah yaitu Pelita Desa dan Taman Safari Indonesia. Namun setelah dilakukan voting pada rapat POMG, TSI inilah yang mayoritas dipilih oleh wali murid sebagai tempat wisata yang akan dikunjungi pada akhir tahun pelajaran 2014/2015 ini. Obyek wisata Pelita Desa sendiri juga pernah dikunjungi ditahun sebelumnya. 

Wisata edukasi, Out learning Taman Safari Indonesia

Sekedar informasi yang saya kutip dari Wikipedia, Taman ini sebenarnya terletak di tiga lokasi. Taman Safari Indonesia I berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Sedangkan Taman Safari Indonesia II terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten pasuruan, Jawa Timur. Selain itu ada juga Taman Safari III di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Provinsi Bali.

Taman Safari Indonesia I dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Taman ini menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman ini terletak pada ketinggian 900-1800 meter diatas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius. Taman ini telah ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu. Lebih jauh, taman ini juga telah diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990. 
Out Learning Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain sebagainya. Fasilitas yang terdapat di Taman Safari Indonesia yaitu bus safari, danau buatan, sepeda air, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, kuda tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, children's play ground, bom bom car, rumah hantu, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari. Pemilihan tempat di Taman Safari merupakan salah satu bentuk kegiatan karya wisata untuk mengenalkan para anak didik melakukan pengenalan langsung terhadap binatang-binatang dan aneka satwa lainnya.

Out Learning Taman Safari Indonesia

Kegiatan ini tentu saja di sambut antusias dan kegembiraan dari para anak didik TK Bina Insan Mandiri ini. Mereka sangat menikmati pemandangan disekelilingnya bahkan suasana dalam mobil begitu riuh dengan suara teriakan anak-anak sambil menyebut nama binatang yang terlihat oleh mereka, mulai dari ketika anak-anak melihat harimau, zebra, onta, badak, buaya dan sebagainya. 

Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut. Dengan membeli tiket masuk seharga Rp. 140.000,- per orang kita akan mendapatkan fasilitas safari tour selama 45 menit, berkunjung ke 7 exhibits area, menonton 9 Pertunjukan, berkunjung ke air terjun dan menikmati 21 wahana permainan.

1 komentar: