Home » , » Perlunya Mengetahui Psikologis Anak Sejak Dini

Perlunya Mengetahui Psikologis Anak Sejak Dini

TK BIM, Jakarta - Pemeriksaan Psikologis sudah banyak dilakukan dalam berbagai area, khususnya area pendidikan. Pemeriksaan Psikologis bukan hanya untuk mengetahui kemampuan inteligensi (IQ) anak yang dapat menunjang kemampuan akademis anak, namun juga dapat menggambarkan kemampuan potensial anak yang selama ini tidak kita sadari. Disamping itu, pemeriksaan psikologis juga mampu menggambarkan kepribadian anak, tentunya akan sangat membantu kita untuk memahami anak dalam berperilaku, bertindak, atau pun bagaimana kemampuan anak dalam pemecahan masalah yang ia lakukan untuk suatu tugas yang dibebankan kepadanya. Yang terkadang luput dari pemikiran kita sebagai orang dewasa.

pemeriksaan psikologis anak usia dini

Pada hari ini tepatnya Rabu, 18 Desember 2013 PG/TK BINA INSAN MANDIRI yang beralamat di Jl. Meruya ilir, Komplek Perumahan Qaryah Thayyibah Blok C Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan - Jakarta Barat. Dalam hal ini bekerja sama dengan PRIMACITA INDONESIA akan melaksanakan Pemeriksaan Psikologis terhadap siswa-siswinya.

Apa manfaat dan keuntungan yang didapat orang tua dan guru melalui Pemeriksaan Psikologis ini?

Adapun manfaat atau keuntungan yang bisa didapat orang tua dan guru adalah; mengetahui perkembangan kognitif (kecerdasan umum), mengetahui tingkat kesiapan belajar anak dalam menerima pembelajaran sekolah, dapat meramalkan prestasi pendidikan anak jangka pendek, mengetahui perkembangan emosi anak dan memahami karakter/watak-sifat anak.

Perlunya Mengetahui Psikologis Anak Sejak Dini

Dalam area pendidikan, khususnya usia pra-sekolah taman kanak-kanak, pemeriksaan psikologis akan membantu untuk mendeteksi sedari dini kelainan psikologis yang tidak tampak secara umum pada diri anak, misalnya autism, slow learner, dan lain-lain. Hal ini, akan membantu guru untuk mengambil dan menentukan keputusan yang berarti bagi proses belajar-mengajar di sekolah nantinya. Dalam persiapan ke jenjang Sekolah Dasar, pemeriksaan psikologis ini dapat membantu anak untuk mengetahui potensi umum yang sudah mampu anak lampaui sehingga diharapkan tidak mengalami kesulitan pada saat ia berada di Sekolah Dasar.

Data-data yang akan diperoleh melalui pemeriksaan psikologis ini adalah : 
  1. Kecerdasan Umum (IQ)
  2. Kesiapan Belajar (Aspek kognitif)
  3. Kepribadian (Perkembangan Emosi)
  4. Temperamen (Dominance, Influence, Steadiness, Compliance)
  5. Gaya Belajar (Visual, Audiotori, Kinestetis)
  6. Data lain yang diperlukan 
Selain itu, pemeriksaan psikologis mampu membantu orang tua untuk memahami kemampuan yang menonjol dari anak dalam kegiatan belajar. Sehingga orang tua dapat merencanakan dan membuat strategi dalam keberhasilan akademis anak di sekolah. Untuk kemudian seyogyanya dapat dipergunakan oleh orang tua dalam pola asuh harian sebagai rumah pendidikan pertamanya dan sekolah untuk merangsang dan mengembangkan kecerdasan kreatifitasnya sebagai rumah pendidikan keduanya yang berdampak pada prestasi pendidikannya.

Jika kita amati dari segi manfaat dan keuntungan yang didapat orang tua dan guru (sekolah) seperti yang sudah disebutkan di atas maka pemeriksaan psikologis ini saya rasa cukup penting sebagai salah satu faktor pendukung dalam meraih prestasi pendidikan anak.

0 komentar:

Posting Komentar