Home » , » Kegiatan Ekskul Renang PG-TK Bina Insan Mandiri

Kegiatan Ekskul Renang PG-TK Bina Insan Mandiri

TK BIM, Jakarta - Olahraga renang selain bisa membuat tubuh lebih sehat juga bisa melatih anak lebih berani dan mandiri serta mengasah kemampuan motorik kasar anak melalui berenang. Hal tersebut dilakukan di PG-TK Bina Insan Mandiri yang beralamat di Jl. Meruya Ilir, Komplek Perumahan Qaryah Thayyibah Blok C, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan Jakarta Barat.

kegiatan ekskul renang, ekstrakurikuler paud

Kegiatan Ekskul renang pertama di semester II yang diadakan tiga bulan sekali ini merupakan bagian dari program kesiswaan PG-TK Bina Insan Mandiri yang diadakan di kolam renang Perumahan Mega Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Maret 2016 mulai pukul 08.30 - 10.45 WIB, sesuai dengan jadwal sekolah. Anak-anak masuk sekolah seperti biasa, kemudian setelah pukul 08.30 WIB barulah anak-anak yang didampingi oleh guru-guru berangkat menuju tempat renang. 

Kegiatan ekskul renang ini bertujuan untuk melatih motorik kasar pada anak sehingga badannya jadi lebih sehat, melatih keberanian dan kemandirian anak, juga sebagai media pembelajaran untuk membentuk anak yang memiliki rasa percaya diri bersosialisasi dengan teman dan guru-guru. Bukan semata-mata agar mereka bisa atau mahir berenang. Karena ini adalah tempatnya Taman Kanak-Kanak, “Bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain”, bukan tempat anak-anak yang harus dipaksakan untuk bisa dan fokus hanya belajar saja, yang dapat membuat anak jenuh dan enggan untuk sekolah. Baca juga: Kegiatan Fun Cooking di TK Bina Insan Mandiri

Alhamdulillah di semester II ini anak-anak sudah cukup berani untuk masuk ke kolam renang, tidak ada yang takut lagi dengan air sehingga tidak malas lagi untuk mandi. Kegiatan ekskul renang ini bisa dijadikan sebagai media belajar mengenalkan lingkungan luar dan air sambil bermain. Akan tetapi, namanya juga anak-anak, ada juga anak yang masih diam saja sambil memperhatikan temannya bermain di dalam kolam, tetapi tetap semangat mengikuti kegiatan renang ini, semoga siswa dan siswi PG-TK Bina Insan Mandiri tambah semangat dalam mengikuti kegiatan ekskul renang.

kegiatan ekskul renang, ekstrakurikuler paud

So, dengan adanya kegiatan ekskul renang ini, anak-anak jadi tahu lingkungan, rumah, sekolahnya dan lingkungan luar sekolah, mereka juga belajar berinteraksi dengan teman-temannya yang lain. Dengan ekskul renang ini selain anak jadi senang olahraga juga terjalinnya kedekatan dengan gurunya. Dan Insya Allah perkembangan anak dari segi motorik kasar dan jiwa sosialnya bisa berkembang dengan baik.

41 komentar:

  1. dengan adanya eskul renang, anak-anak bisa belajar sambil bermain dan juga menambah kedekatan antara anak dan guru ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju sekali dengan diadakannya eskul renang untuk anak TK ini kang, karna dapat dengan cepat mengembangkan jiwa sosial terhadap lingkungan sekitar. semoga ekskul ini tetap berjalan dengan lancar

      Hapus
    2. Amiin... kalo untuk ekskul renang sendiri memang sudah jadi agenda dalam program semester mas cuma pelaksanaannya dilakukan hanya 3 bulan sekali, intinya sih hanya untuk pengenalan saja, mungkin berbeda dengan SD yang bisa secara rutin per bulan atau bahkan setiap minggu sekali

      Hapus
    3. aaaamiiiin...juga
      emang sih selain jadi seru eskulnya di kolam renang, pak admin bisa plirak plirik ke ibu-ibu pengantarnya..heuydeuh

      Hapus
    4. ah mang lembu mah bisa aja, kok kadang suka bener gituh yah heheheee...

      Hapus
  2. Jaman saya sekolah dulu mah boro2 ada eskul renangnya, mau berenang saja harus pergi ke kali dulu. itu lah resiko orang pedalaman desan (baca Wong Ndeso)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dong sedari kecil udah terbiasa renang, di empang tapi hihihi...

      Hapus
  3. Salam blogger, postingan yg bermanfaat. blogwalking sekalian silaturahmi :)

    BalasHapus
  4. Sepertinya sangat menyenangkan jika waktu kecil (TK) sudah di ajak berenang. Jaman saya dulu renangnya dilaut langsung. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dong renangnya di sawah, puasss? :D

      Hapus
    2. gaya nyungsep ke lumpur :D

      Hapus
  5. anak-anak pasti seneng banget diajak renang, jadi lebih aktif

    BalasHapus
  6. Seharusnya nmemang begitu mas, dengan cara menerapkan ekskul mereka tidak jadi monoton, disamping itu penerapan belajar diluar dengan alam juga perlku, penerapan pendidikan dengan alamtakambangnya.

    BalasHapus
  7. masa anak2 masa bermain. jika harus sekolah, maka harus konsep bermain sambil belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups setuju saya, bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain

      Hapus
  8. oh ya bu guru yang mana ya?? baju merah itu tah? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan atuh mas, bu gurunya kan pake jilbab semua

      Hapus
    2. ada apa Mas tanya ibu guru pake baju yang mana ?

      Hapus
    3. yang pake baju merah jangan sampe lepas *Kasino :D

      Hapus
  9. Senang sekali yah lihat anak anak riang gembira gitu.. semoga tkbim maju terus amin

    BalasHapus
  10. guna meningkatkan kwalitas pembelajaran bagi anak TK bisa dilakukan dengan cara bermain bersama mas....yaitu renang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bermain apa aja mas yang penting bermanfaat dan ada sisi edukasinya bagi anak-anak

      Hapus
  11. banyak juga kegiatan ektra kulikuler dari TK BINA MANDIRI nih mas.
    salah satunya renang,patut dijadiin TK teladan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas, selain ekskul renang ada juga ekskul seni tari, melukis, bahasa inggris dan drumband

      Hapus
  12. renang memang banyak sekali manfaatnya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas...maaf mas..terpaksa ane yang jawab , adminya lagi belajar renang

      Hapus
    2. sepertinya komentar ini salah masuk kamar deh, hayo ngakuuu... :D

      Hapus
  13. Sepertinya ini blognya Bos Marnes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih? tau darimana coba?

      Hapus
  14. nah ini kegiatan bagus juga tuh mas, dulu saya waktu sekolah tk atau sd ga pernah ada eskul renang dan akhirnya saya ga bisa renang dan tiap masuk kolam badan saya ga ngambang di air istilahnya gaya batu kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya kang Hendri sudah terbiasa renang kan, renang di balong tapi hehehee...

      Hapus

Archive Pages Design$type=blogging$count=7