Kegiatan Ekskul Renang PG-TK Bina Insan Mandiri - BIM KINDERGARTEN ISLAMIC SCHOOL

Kegiatan Ekskul Renang PG-TK Bina Insan Mandiri

Kegiatan Ekskul Renang PG-TK Bina Insan Mandiri

TK BIM, Jakarta - Olahraga renang selain bisa membuat tubuh lebih sehat juga bisa melatih anak lebih berani dan mandiri serta mengasah kemampuan motorik kasar anak melalui berenang. Hal tersebut dilakukan di PG-TK Bina Insan Mandiri yang beralamat di Jl. Meruya Ilir, Komplek Perumahan Qaryah Thayyibah Blok C, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan Jakarta Barat.

kegiatan ekskul renang, ekstrakurikuler paud

Kegiatan Ekskul renang pertama di semester II yang diadakan tiga bulan sekali ini merupakan bagian dari program kesiswaan PG-TK Bina Insan Mandiri yang diadakan di kolam renang Perumahan Mega Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Maret 2016 mulai pukul 08.30 - 10.45 WIB, sesuai dengan jadwal sekolah. Anak-anak masuk sekolah seperti biasa, kemudian setelah pukul 08.30 WIB barulah anak-anak yang didampingi oleh guru-guru berangkat menuju tempat renang. 

Kegiatan ekskul renang ini bertujuan untuk melatih motorik kasar pada anak sehingga badannya jadi lebih sehat, melatih keberanian dan kemandirian anak, juga sebagai media pembelajaran untuk membentuk anak yang memiliki rasa percaya diri bersosialisasi dengan teman dan guru-guru. Bukan semata-mata agar mereka bisa atau mahir berenang. Karena ini adalah tempatnya Taman Kanak-Kanak, “Bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain”, bukan tempat anak-anak yang harus dipaksakan untuk bisa dan fokus hanya belajar saja, yang dapat membuat anak jenuh dan enggan untuk sekolah. Baca juga: Kegiatan Fun Cooking di TK Bina Insan Mandiri

Alhamdulillah di semester II ini anak-anak sudah cukup berani untuk masuk ke kolam renang, tidak ada yang takut lagi dengan air sehingga tidak malas lagi untuk mandi. Kegiatan ekskul renang ini bisa dijadikan sebagai media belajar mengenalkan lingkungan luar dan air sambil bermain. Akan tetapi, namanya juga anak-anak, ada juga anak yang masih diam saja sambil memperhatikan temannya bermain di dalam kolam, tetapi tetap semangat mengikuti kegiatan renang ini, semoga siswa dan siswi PG-TK Bina Insan Mandiri tambah semangat dalam mengikuti kegiatan ekskul renang.

kegiatan ekskul renang, ekstrakurikuler paud

So, dengan adanya kegiatan ekskul renang ini, anak-anak jadi tahu lingkungan, rumah, sekolahnya dan lingkungan luar sekolah, mereka juga belajar berinteraksi dengan teman-temannya yang lain. Dengan ekskul renang ini selain anak jadi senang olahraga juga terjalinnya kedekatan dengan gurunya. Dan Insya Allah perkembangan anak dari segi motorik kasar dan jiwa sosialnya bisa berkembang dengan baik.
Please write your comments