Kiat Mengajarkan Sholat pada Anak Usia Dini - BIM KINDERGARTEN ISLAMIC SCHOOL

Kiat Mengajarkan Sholat pada Anak Usia Dini

Kiat Mengajarkan Sholat pada Anak Usia Dini

TK BIM, Jakarta - Sholat adalah tiang agama. Fungsi tiang bagi sebuah bangunan adalah menjadi komponen yang sangat penting, agar bangunan tersebut tidak mudah roboh. Ini menggambarkan betapa shalat memegang peranan penting dalam membangun kehidupan berkeluarga karena sholat sendiri merupakan amalan yang sangat penting dibanding amal ibadah lain. 

kiat mengajarkan sholat pada anak usia dini, tips mendidik anak untuk sholat sejak dini
Ilustrasi: Siswa-siswi PG-TK Bina Insan Mandiri sedang praktik sholat 

Dengan begitu, jika dalam sebuah keluarga ada anggota keluarga yang tidak menegakkan sholat, maka kemungkinan besar penegakkan nilai-nilai agama tersebut akan rapuh. Maka dari itu pastikan bahwa seluruh anggota keluarga menegakkan shalat dengan baik, dan sangat dianjurkan untuk membiasakan sejak dini pribadi Muslim untuk mengerti dan paham tentang sholat, bahkan akan lebih bagus lagi jika anak sudah diajarkan tata cara sholat sejak masih usia dini.

Berikut ini beberapa kiat mengajarkan sholat pada anak usia dini:

Membiasakan kepada anak untuk melibatkan dalam setiap aktifitas sholat kita, minimal dengan mendengarkan suara ajakan sholat, kemudian membawanya untuk duduk di samping tempat kita sholat.

Ketika anak sudah mulai berdiri dan bisa berbicara, latih anak untuk berdiri sholat di samping kita, dan ajak untuk mengikuti bacaan dan gerakan sholat kita, kalau dia belum mau mengikuti tidak usah dimarahi, biarkan saja untuk duduk dan melihat sholat kita, secara otomatis dia akan memperhatikan dan merekam tanpa sadar apa yang kita baca dan kita gerakkan. Ajak perlahan-lahan anak untuk mengikuti bacaan mulai dari bacaan Al-Fatihah karena bacaan ini yang minimal harus dibaca oleh seorang yang sedang berlatih sholat, maka target bacaan pertama yang harus diajarkan untuk dihafal anak dalam rangka menegakkan sholat adalah bacaan Al-Fatihah. Baru setelah itu beranjak mengajarkan bacaan-bacaan lainnya.

Konsisten dan continue, dalam mengenalkan dan mengajarkan tata cara sholat kepada anak usia dini. Melatih gerakan dan bacaan sholat pada anak usia dini harus berulang-ulang, semakin sering anak mendapatkan stimulasi tentang gerakan sholat dengan bacaannya semakin sering dibaca dan didengar setiap hari, maka semakin cepat anak-anak untuk hafal bacaan-bacaan dan gerakan sholat tersebut. Mengajarkan gerakan dalam sholat secara bertahap, misal dalam tahap awal, fokus memperhatikan dan memastikan sedekap tangan anak sampai benar, sebelum beranjak ke gerakan lain. Perhatikan hasil latihan ini misalnya untuk jangka waktu 1 sampai 3 bulan baru selanjutnya fokus mengajarkan gerakan lain. Lakukanlah semua latihan dengan enjoy dan tidak dipaksakan.

Memberikan pujian saat anak sudah mau melaksanakan sholat sesuai arahan kita, misalnya dalam tahapan ini kita mentargetkan anak hafal Al-Fatihah, maka ketika anak sudah hafal, kita berikan ungkapan bahagia dan kagum kepadanya untuk menambah semangatnya dalam mengerjakan sholat.

Menjadi teladan bagi anak-anak, ketika melakukan kegiatan sholat di sekolah maka gurulah yang menjadi panutan bagi anak-anak didiknya, akan tetapi ketika di rumah maka orang tuanyalah yang menjadi panutan bagi anak-anaknya. Dalam hal ini, orang tua haruslah menjadi suri teladan yang baik bagi sang anak dengan senantiasa melakukan hal-hal baik dalam lingkungan keluarga.

12 komentar

  1. di sekolah sudah pasti guru akan sangat ditiru perilakunya bagi anak, sangat membantu ortu jika sdi sekolah juga dicontohkan pentingnya ibadah shalat. jika diajarkan dari kecil, besarnya jadi terbiasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya mang WC, sampe sekarang bolong mulu sholatnya kan?

      ups...disingkat kok jadi nggak enak sih....maafkan saya yah :)

      Hapus
  2. Kalau melihat dari kondisinya mengingatkan saya waktu kecil dulu, rasanya seru dan menyenangkan apabila pas diajarkan sholat, bukannya serius tapi malah bercanda.

    BalasHapus
  3. kurikulum TK Bina Insani mandiri, binaan kepala sekolah mang marnes sangat keren, ada pelajaran sholat beserta kiat-kiatnya...mantep mang.
    Dan...orang tua sangat bahagia jika anak-anak usia TK bisa sholat dengan benar dan menjadi tekun....kaya Geo belajar ngaji di rekam sendiri..wuih, bahagia pisan ayahnya ini teh mang, padahal baru PAUD...inget saya balita, bisanya cuma ngompol doang belum bisa ngaji.

    maen lagi kerumah ada sesuatu buat mamang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap meluncur ke tekape mang, jangan lupa siapin kopi sama kue kleponnya :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sholat itu perlu diajarkan para orang tua sejak dini mas... Apa lagi cara mengajarknya secara lengkap , siapa yang menyuruh kita sholat, untuk siapa kita sholat , sejak kapan adanya sholat, siapa manusia pertaman melakukan sholat, kapan sholat diturunkan , dimana sholat diturunkan , nah jadi tidak hanya jungkir balik asal sholat...iya kan....

      Hapus
    2. Ha...ha....ha..mumet kowe.....

      Hapus